Sabtu, 27 Oktober 2018

Resensi Buku Zoologi Invertebrata (Teori dan Praktik) karya Drs. Adun Rusyana, M. Pd.

Judul Buku             : Zoologi Invertebrata (Teori dan Praktik)
Pengarang               : Drs. Adun Rusyana, M. Pd.
Penerbit                  : Alfabeta
Tahun Terbit           : Cetakan ke-3, 2013
Jumlah Halaman     : vi + 282 Halaman
Ukuran Buku          : 16,3 cm x 23,8 cm
Tebal Buku             : 1,2 cm
Nomor ISBN          : 978-602-8800-69-3

       Invertebrata adalah salah satu cabang biologi yang sangat luas dengan seluruh hewan yang banyak yang ada didalamnya. Hewan ini tidak memiliki tulang belakang karena tidak memiliki kerangka internal yang terbuat dari tulang yang menyokong bagian belakang atau dorsal punggungnya. Mulai dari Protozoa hingga Arthropoda, seluruh filum ini adalah hewan yang masuk dalam cabang invertebrata. BUku ini dibuat khusus bagi orang yang ingin mempelajari Invertebrata secara lebih lanjut, baik itu mahasiswa biologi maupun masyarakat umum. BUku ini memaparkan urutan yang tepat, mulai dari organisme Invertebrata sederhana hingga organisme invertebrata paling kompleks lengkap dengan filum yang dijelaskan. 
      Buku ini tersusun sesuai kompetensi yang disediakan bagi mahsiswa biologi yang sedang menempuh mata kuliah Avertebrata atau Invertebrata. Buku Zoologi Invertebrata (Teori dan Praktik) terdiri dari empat unit yang didalamnya terdapat sebelas bab yang terbagi bagi. Unit 1 erisi empat bab, yaitu Filum Protozoa, Filum Porifera, Filum Coelentarata,  dan Filum Ctenophora. Pada unit 2 berisi Filim Platyhelmintes, Filum Aschelminthes, Filum Nemathelminthes, dan Filum Anellida. Selanjutnya pada unit ketiga berisi Filum Mollusca dan Filum Echinodermata. Terakhir, pada unit keempat berisi Filum Arthropoda.
      Kekurangan buku ini adalah kurang lengkapnya informaasi yang terdapat pada penjelasan masing masing kelasnya. Terdapat kata kata yang sangat sederhana dan tidak dijelaskan lebih lanjut.
      Disamping itu, buku ini sangat cocok dijadikan sumber referensi bagi mereka yang ingin mempelajari Invertebrata secara lebih mendalam dengan kalimat yang sederhana dan mudah dicerna. Pemaparan contoh hewan INvertebrata yang ada pada buku ini juga lengkap sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari - hari.

Buku ini dapat ditemukan DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar